Jumat, 13 April 2012

Cara Pencegahan Virus Flu Tulang

Flu Tulang disebabkan virus Parvovirus B19. Meski tidak menyebabkan kematian, penyakit ini menyebabkan kelumpuhan. Penyakit ini biasanya disebut sebagai chikungunya atau juga demam tulang. Penyebabnya sama seperti DBD, yakni nyamuk Aides Aegypty. Sifat Penyebarannya sangat cepat sehingga chikungunya sangat cepat, dapat menyebabkan kelumpuhan.


Berikut adalah cara pencegahan Virus Flu Tulang :
  • Bagi yang sudah uzur dianjurkan untuk mendapatkan suntikan vaksin flu selama musim flu datang. Namun, tidak semua jenis virus dapat ditangkal dengan vaksin flu.Dari waktu ke waktu vaksin flu disempurnakan dengan kandungan jenis-jenis vaksin oleh tipe virus flu yang tengah menimbulkan wabah. Namun, selain berbeda tipe virusnya, bukan kejadian jarang muncul jenis virus yang lolos dari upaya penangkalan, saking beragamnya jenis dan strain virus flu yang ada. Belum lagi kemungkinan virusnya berubah tabiat (mutasi), sehingga sebuah vaksin menjadi tidak lagi poten menangkalnya.
  • Jauhi diri dari paparan dingin. Orang Barat menjuluki flu sebagai catch cold atau terpapar dingin. Memang, semakin lama dan sering tubuh terpapar yang serba dingin (udara, air mandi, ruangan berpendingin, minuman dingin, angin), semakin lemah ketahanan tubuh, dan kian rentan untuk gampang terserang virus.
  • Kurangi rokok dan alkohol. Kedua jenis zat ini berpotensi menurunkan ketahanan tubuh. Merokok ”melukai” selaput lendir saluran nafas, sehingga menjadikan saluran nafas lebih rentan dimasuki virus. Ruangan yang berasap rokok, memperlemah kondisi saluran nafas orang-orang yang menghirupnya juga.
  • Membersihkan liang hidung setiap pulang bepergian. selama bepergian ke luar rumah, terlebih selama musim flu berjangkit, nyaris tidak ada udara yang tidak tercemar virus flu, terlebih di lingkungan yang ada pasien flu. Hampir pasti udara yang kita hirup selama di luar rumah, ada virus flunya. Termasuk jika di rumah ada yang sedang sakit flu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar